Jumat, 13 Januari 2017

Tugas Individu 4 : Google Earth Streetview dan Timelapse

Pembahasan Google Earth
Tugas 4 - Pengantar Telematika

       Google Earth merupakan aplikasi buatan perusahaan google seperti google map namun aplikasi Google Earth ini mengibaratkan model globe planet bumi yang mana aplikasi ini dulu dibuat komersial dan sekarang menjadi gratis pada bulan bulan awal tahun 2015. Karena dapat digunakan banyak bidang teknologi informasi yaitu seperti mencari wilayah, tata letak, astronomi dan masih banyak lagi. Google earh menggunakan satelit fotografi resolusi tingkat tinggi untuk menangkap foto - foto dari atas bumi yang sangat jelas terlihat pada aplikasi google earth, hingga sekarang aplikasi google earth bisa digunakan diberbagai macam perangkat sistem operasi seperti windows, linux, macintos maupun sistem operasi berbasis mobile seperti android dan iOS.  


Perkembangan teknologi google earth pada sampai akhir 2016 adalah :

Google Earth, Google Map Streetview. https://www.google.co.id/intl/id/streetview/

Aplikasi ini hampir seperti google map namun dibuat menggunakan kendaraan fotografi google yang membawa kamera yang berjalan untuk pengambilan informasi berupa foto realitas yang dilihat dari nama-nama jalan dari sebuah wilayah contohnya perkotaan, sebuah kompleks perumahan, wisata dan lainnya. Streetview ini sudah hampir 75% informasi foto realitas dari jalan-jalan diseluruh dunia yang telah dibuat.
Google Earth, Timelapse   https://earthengine.google.com/timelapse/
               
        Aplikasi Timelapse dari google earth ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh satelit fotografi yang mana memuat informasi berupa foto dari sebuah tempat seperti desa, kota, negara atau wilayah manapun secara berkala contohnya lansekap foto negara indonesia khususnya kota bekasi dari satelit per tahun 1990 sampai 2016 namun foto yang dilihatkan pada timelapse tidak terlalu bagus kualitasnya namun dapat memberikan gambaran informasi yang sangat bagus.
Di dalam teknologi telematika, google earth digunakan sama halnya seperti aplikasi google maps yang mana mencari informasi tata letak sebuah tempat atau wilayah untuk ditempati dan dikunjungi atau melihat keindahan tempat tersebut menggunakan google earth, streetview digunakan mencari jalan ketempat yang akan dikunjungi yang lebih cepat dan timelapse dapat digunakan dalam strategis pembangunan tempat tinggal dan dapat juga digunakan pemerintah untuk membuat jalur lalu lintas maupun sarana-sarana yang tempat tersebut yang sangat strategis dibuat pembangunan infrastrukturnya.

Daftar Pustaka dan Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar