TUGAS SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN
GDSS ( Group Decision Support System )
4KA32
Anggota Kelompok :
Franky Manaex MS (13113572)
Hardi Setiawan ( 13113912 )
Hastri Pindha Y ( 13113978 )
Hera Iriyanti H ( 14113050 )
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Universitas Gunadarma
2016
Group Decision Support System
1. Pengertian Group Decision Support System
GDSS merupakan suatu sistem
berbasis komputer yang mendukung kelompok-kelompok orang yang terlibat dalam
suatu tugas (tujuan) bersama dan yang menyediakan interface bagi suatu
lingkungan yang digunakan bersama. Atau bisa dikatakan GDSS adalah sistem
pendukung keputusan kelompok yang berusaha memperbaiki komunikasi diantara para
anggota kelompok dengan menyediakan lingkungan yang mendukung dan mendukung
para pengambil keputusan dengan menyediakan perangkat lunak GDSS yang disebut
groupware. Komponen – komponen GDSS meliputi hardware, software, dan orang
prosedur.
2. Komponen GDSS
Komponen
– Komponen yang terdapat pada GDDS adalah :
o Hardware
Keperluan
hardware minimal untuk setiap system mencakup :
·
Peralatan input/output
·
Prosedur
·
Jalur komunikasi antara peralatan
I/O dan prosesor
·
Layar tampilan untuk umum atau
monitor perorangan guna menampilkan informasi kepada kelompok.
Yang diinginkan
adalah suatu desain yang memungkinkan setiap peserta bekerja secara independen
terhadap yang lain, bisa menampilkan kerja/hasil karya perorangannya kepada
seluruh anggota, dan melihat hasil karya orang lain dan karya kelompok secara
keseluruhan.
o Software
Komponen
software GDSS :
·
Database
·
Base model
·
Program aplikasi khusus
·
Interface
Beberapa sistem
GDSS yang spesifik tidak memerlukan database. Tetapi sebagian besar sistem yang
canggih akan terdiri dari database yang digabungkan dengan base model, bahasa
tingkat tinggi untuk penulisan program, dan interface yang mempunyai tingkat
manajerial standar (grafik, paket statistik, spreadsheet, dsb). Komponen
teknologi GDSS yang paling khusus adalah software aplikasi yang dikembangkan
secara khusus untuk mendukung kelompok dalam proses keputusan.
Fasilitas yang
terdapat dalam software ini diantaranya :
A.
Fasilitas dasar :
•
Penciptaan teks dan file data,
modifikasi, dan penyimpanan
•
Word processing
•
Fasilitas pembelajaran untuk
pemakai GDSS yang belum mampu
•
On line help
•
Worksheet, spreadsheet, decision trees,
dan alat lain untuk menampilkan angka dan teks
•
secara grafis
•
Manajemen database
B.
Fasilitas kelompok :
•
Peringkasan grafik dan bilangan
•
Menu yang memberitahu (prompt)
•
Program untuk prosedur kelompok
khusus
•
Metode penganalisaan interaksi
kelompok
•
Transmisi teks dan data
o Orang
Komponen orang dalam GDSS
melibatkan anggota grup dan fasilitator yang bertanggung jawab melancarkan
operasi dari teknologi GDSS.
o Prosedur
Komponen prosedur dapat
memudahkan operasi dan membuat penggunaan teknologi oleh anggota kelompok
menjadi efektif. Prosedur ini mungkin hanya berlaku untuk operasi hardware, dan
software, atau mungkin bisa dikembangkan lagi untuk mencakup aturan mengenai
pembahasan verbal di antara anggota dan arus kejadian (event)
selama meeting kelompok.
3. Ciri Terpenting GDSS
Ciri
– ciri terpenting GDSS diantaranya :
1.
GDSS sistem informsi yang di desain khusus,
bukan sekedar konfigurasi komponen sistem yang telah ada.
2.
GDSS di desain dengan tujuan mendukung grup
mengambil keputusan dalam pekerjaannya. Maka GDSS harus meningkatkan proses
pegambilan keputusan dan atau hasil keputusan grup dibandingkan dengan keadaan
tak menggunakan GDSS.
3.
GDSS mudah untuk dipelajari dan digunakan
4.
GDSS bisa didesain untuk 1 jenis masalah atau
untuk berbagai keputusan organisasional level grup.
5.
GDSS di desain untuk mendorong bermacam-macam
aktivitas seperti peneluran ide, penyelesaian konflik, dan kebebasan
berekspresi.
6.
GDSS memiliki mekanisme ikutan yang
mengecilkan berkembangnya perilaku negatif grup, seperti konflik yang merusak,
miskomunikasi, atau ”groupthink”.
4. Tujuan dan Level-level GDSS
Tujuan
dari GDSS adalah untuk meningkatkan produktivitas dan keefektivan
pertemuan-pertemuan untuk pengambilan keputusan, baik dengan mempercepat proses
pengambilan keputusan atau dengan meningkatkan kualitas keputusan yang
dihasilkan. Tujuan tadi dapat diperoleh dengan menyediakan dukungan pada
pertukaran ide, opini, dan preferensi dalam grup.
Teknologi GDSS dibagi
menjadi 3 level :
Level 1 : Dukungan Proses
Item
yang didukung oleh sistem ini:
1.
Pengiriman pesan / message elektronik
diantara para anggota grup.
2.
Hubungan jaringan ke setiap terminal PC
anggota pada anggota grup yang lain, fasilitator,layar buat publik, database,
atau sembarang CBIS umum lainnya.
3.
Layar buat publik tersedia di setiap terminal
anggota grup atau dapat dilihat oleh semua anggota di pusat.
4. Masukan dalam hal pemungutan suara dan ide
yang terlindungi siapa pencetusnya untuk meningkatkan partisipasi anggota grup.
5.
Pengumpulan ide atau pemungutan suara dari
setiap anggota grup untuk mendorong partisipasi dan merangsang kreativitas.
6. Penyimpulan dan penampilan ide dan opini,
termasuk ringkasan secara elastik dan penampilan jalannya pemungutan suara
(pada layar publik).
7.
Satu format untuk agenda yang dapat disetujui
oleh grup untuk membantu organisasi pertemuan
8.
Menampilkan agenda secara kontinyu, seperti
halnya informasi yang lain, untuk menjaga pertemuan tetap pada jadwalnya.
Level
2 : Dukungan Pengambilan Keputusan
Pada
level ini software ditambahi kemampuan dalam pemrosesan dan analisis keputusan.
Fiturnya :
1.
Perencanaan dan model keuangan
2.
Pohon keputusan
3.
Model probabilitas penilaian
4.
Model alokasi sumber daya
5.
Model pertimbangan sosial
Level
3 : Aturan Penugasan
Pada level ini suatu
software khusus ditambahi dengan aturan penugasan. Misal, beberapa aturan dapat
menentukan urutan pembicaraan, tanggapan yang sesuai, atau aturan pemungutan
suara.
5. Jenis GDSS
Jenis
– jenis yang terdapat dalam GDSS adalah :
1.
Sistem pengelolaan koneksi
Menyediakan mekanisme fisik
melalui mana orang-orang yang terlibat dalam suatu keputusandapat
berkomunikasi. Misalnya : WAN arsitektur.
2.
Manajemen Komunikasi
Meningkatkan
arus informasi melalui fasilitas untuk menyimpan, reply, forward, dll.
Misalnya: paket
suara elektronik dan grup diskusi.
3.
Sistem Manajemen konten
Memberikan kecerdasan dalam
proses routing – system mengetahui di mana dokumen pergi, setelah pengguna saat
ini berakhir dengan itu, atau di mana pesan harus pergi sekali itu dimasukkan.
Misalnya : Keputrusan system konferensi.
4.
Proses Manajemen
Mengingat isi informasi
dalam aliran dalam memutuskan apa yang harus hubungannya dengan manajemen.
6. Keuntungan & Kerugian GDSS
Keuntungan GDSS:
·
Anonymity – mengusir ketakutan yang dalam arti sebagai untuk mendapat keputusan
yang lebih baik dari perbedaan hierarki para pembuat keputusan.
·
Parallel
Communication – menghilangkan monopoli menyediakan
peningkatan partisipasi, keputusan yang lebih baik
·
Automated
Record Keeeping – tidak perlu mencatat,
karena semuanya otomatis terekam
·
Ability
for Virtual Meeting – hanya membutuhkan
perangkat keras, perangkat lunak dan orang-orang terhubung
·
Portability – dapat dibentuk menjadi portable .. laptop
·
Global
Potential – orang-orang dapat terhubung dari seluruh
penjuru dunia
·
No Need
for Computer Guru – walaupun masih diperlukan
untuk hal-hal dasar
Kekurangan
GDSS:
·
Cost – biaya infrastruktur perangkat keras dan perangkat
lunak/ruangan/konektifitas jaringan dapat menjadi sangat mahal dalam melakukan
diskusi tatap muka jarak jauh.
·
Security – Kerentanan keamanan yang sangat minimun dari fasilitator dapat
mengakibatkan karyawan tingkat rendah yang dapat membocorkan rahasia ke
khalayak umum
·
Technical
Failure – Kemungkinan dapat terjadi kehilangan daya dan kehilangan
konektifitas jaringan yang sangat bergantung kepada bandwith dan infrastruktur
LAN atau WAN dalam melakukan pembicaraan tatap muka jarak jauh.
·
Keyboarding
skills – berkurangnya partisipasi dapat terjadi, karena pendengar akan
frustasi akibat juru ketik pembicaraan yang terlalu cepat atau terlalu lambat
dari pembicara dalam pengetikan suatu pembicaraan atau yang dibicarakan.
·
Training – Kemungkinan dalam kehadiran untuk belajar dari pengguna yang
tergantung situasi dari keadaan pembahasan atau topik yang dibicarakan yang
mungkin sangat kurang disukai.
·
Perception
of Messages – dalam arti jika kurangnya komunikasi secara
verbal sangat memungkinkan terjadinya kesalah pahaman antara pendengar.
7.
Manfaat GDDS
Manfaat GDSS antara lain yaitu:
·
GDSS memperluas kemampuan
pengambil keputusan dalam memproses data atau informasi bagi pemakainya.
·
GDSS membantu pengambil keputusan
dalam penghematan waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah.
·
GDSS dapat menghasilkan solusi
dengan lebih cepat serta hasilnya dapat diandalkan.
·
GDSS mampu menyajikan berbagai
alternatif
·
GDSS dapat menyediakan bukti
tambahan untuk memberikan pembenaran sehingga dapat memperkuat posisi pengambil
keputusan.
8. Implikasi masa depan GDSS
Impilikasi yang mungkin
akan terjadi dimasa depan pada GDSS tersebut adalah :
·
Mengintegrasikan ke dalam kerangka kerja
perusahaan yang ada.
·
GDSS membawa perubahan yang harus dikelola
·
GDSS akan menggabungkan Artificial
Intelligence and Expert Systems yang dimana software tersebut akan belajar dan
membantu pengguna membuat keputusan yang lebih baik.
·
Penurunan biaya akan memungkinkan banyak
organisasi untuk menggunakan GDSS.
·
Meningkatkan pelaksanaan GDSS dengan
pelanggan
·
Suara pelanggan kebutuhan mereka dalam lingkungan
yang tidak mengancam.
0 komentar:
Posting Komentar