Selasa, 22 November 2016

Tugas Individu 3 : Review Jurnal Telematika TI/TK

Aplikasi Sistem Pakar Penentuan Kesehatan
Makanan Khas Sulawesi Utara

Tujuan

Membantu pengguna dalam mendapatkan informasi makanan khas Sulawesi Utara, baik informasi berupa komposisi makanan, informasi nilai gizi dan juga saran kesehatan bagi pengguna.

Metode Penelitian

Komunikasi 
Pada tahap ini, penulisi komunikasi langsung dengan pihak pembuat makanan khas Sulawesi Utara dan rumah makan yang menyediakan makanan khas Sulawesi Utara. Komunikasi yang dilakukan berupa wawancara dengan pembuat makanan khas Sulawesi Utara. Wawancara dilakukan sebanyak satu kali, wawancara dilakukan untuk mengetahui kebutuhan perangkat lunak yang akan dibangun. 

Pemodelan 
Semua hasil analisa kebutuhan pengguna dan kebutuhan sistem didefinisikan dalam bentuk diagram UML sedangkan interface sistem dimodelkan dengan storyboard

1) Usecase Diagram
untuk mendefinisikan aktivitas-aktivitas pengguna sistem dan interaksi antara pengguna dengan sistem maupun interaksi antar pengguna. Usecase diagram aplikasi sistem pakar penentu kesehatan makanan khas Sulawesi Utara berbasis Android, digambarkan interaksi antara aktor (user)dengan sistem. Di sini digambarkan aktor (user) melakukan beberapa kegiatan seperti meihat menu makanan, mendapatkan informasi makanan dan inforasi gizi makanandan melihat menu “tentang”. 

2) Flowchart. 
Pembuatan algoritma ini berfungsi dalam tahap konstruksi, dimana ketika melakukan pemrograman akan didasari pada algoritma-algoritma yang dibuat pada fase ini. 

3) Pohon Keputusan Dan Kaidah Produksi. 
Pohon keputusan merupakan grafik yang akan menjelaskan objekobjek yang dihubungkan dengan gari-garis berlabel (“Ya” atau “Tidak”), alasan digunakan pohon keputusan ini adalah karena lebih mudah dipahami dalam pemecahan masalah. 

C. Klasifikasi Bertingkat. 
Klasifikasi bertingkat ini bertujuan untuk mendukung dan menjelaskan pohon keputusan yang telah di buat. Dari klasifikasi bertingkat dapat dilihat dari cabang makanan ke ranting komposisi lanjut ke daun komponen informasi nilai gizi. 

D. Aturan atau Role Pada aturan (Rule)
Pada aturan (Rule), dengan melihat Tabel 2, dapat ditentukan aturan yang digunakan untuk semua makanan khas Sulawesi Utara
1) IF Lemak >= 24% AND<= 36% THEN Sehat, ELSE Tidak Sehat 
2) IF Protein >= 9% AND<= 14% THEN Sehat, ELSE Tidak Sehat 
3) IF Karbohidrat >=54% AND <= 63% THEN Sehat, ELSE Tidak Sehat 

Hasil
Menggunakan metodologi RAD dan klasifikasi bertingkat maka didapatkan hasil. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa beberapa makanan khas Sulawesi Utara memiliki kelebihan lemak, protein dan karbohidrat. Oleh karena itu dilakukan dua pengujian yaitu pengujian akurasi dan pengujian halaman aplikasi.

Pengujian akurasi dilakukan untuk megetaui performa sistem dalam menganalisa data yang di input. Data yang diuji berjumlah 15 simple makanan, yakni dengan cara meghitung satu persatu komposisi makanan untuk mendapatkan informasi kandungan nilai gizi dimasing-masing makanan dengan menggunakan rumus.

Pengujian halaman aplikasi dilakukan untuk penataan letak dari informasi yang terdapat pada aplikasi seperti Tampilan menu untuk setiap halaman-halaman aplikasi berisi Tampilan Informasi Komposisi dan Informasi Nilai Gizi
 .
Kesimpulan
Aplikasi ini menggunakan adanya sistem pakar sebagai meminimalisir biaya dan mengefisiensikan waktu dalam memperoleh informasi kesehata makanan khas Sulawesi Utara yang mana pengguna applikasi dapat memperoleh informasi makanan baik komposisi dan informasi gizi maupun saran kesehatan dan menggunakan klasifikasi bertingkat yang tujuannya mampu membantu menyelesaikan dalam menentukan makanan yang sehat dan yang tidak sehat.


DAFTAR PUSTAKA 

[1] Fowler, Martin, 2005. UML Distilled Edisi 3, Andi. Yogyakarta.. 

[2] Hardiyansyah, Riyadi Hadi dan Napitipulu Victor, 2012. Kecukupan Energi, Protein, Lemak dan Karbohidrat. Tesis Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB Departemen Gizi. Universitas Indonesia. Jakarta. 

[3] Kaburuan Yonna G, Sentinuwo Steven R., Manembu Pinrolinvic D. K. 2015. Rencana Bangun Aplikasi Uji Kepribadian MBTI Berbasis Android Menggunakan Sistem Pakar. Skripsi Program Studi S1 Teknik Elektro Jurusan Informatika Universitas Sam Ratulangi. Manado. 

[4] Nugroho Bunafit. 2014. Aplikasi Sistem Pakar dengan PHP dan Editor Dreamweaver. Gava Media. Jogjakarta 

[5] Preesman, Roger S. 2010. Software Engineering : A Practitioner’s Approach, Seventh Edition. Mc Graw Hill Higher Education. 

[6] Turban, E. (1995). Decision Support and Expert System; Management Support System. Newyork: Prentice-Hall. 

[7] Center of Reliable Health Information, 6 Akibat kelebihan Lemak dalam Tubuh. http://halosehat.com/gizi-nutrisi/panduangizi/akibat-kelebihan-lemak, 11 Oktober 2015 

[8] Center of Reliable Health Information, 11 Akibat Kelebihan Karbohidrat dalam Tubuh. http://halosehat.com/gizi-nutrisi/panduan-gizi/akibat-kelebihankarbohidrat, 11 Oktober 2015 

[9] MIT App Inventor, Getting Started With App Inventor. http://appinventor.mit.edu/explore/get-started.html, 1 Februari 2016. 

[10] Scott W. Ambler 2010, Disciplined Agile Delivery (DAD) Lifecycles. https://www.ibm.com/developerworks/community/blogs/ambler/entry/disciplined_agile_delivery_dad_lifecycle14, 29 September 2015. 

[11] Sektioko. Bambang , Resep Sambal Roa Mando. http://www.cararesep.com/resep-sambal-roa-manado.html, 28 September 2015. 

[12]Tm Cetak, Reporter, Ular Patola Bumbu Rica-rica Sembuhkan Asma. http://manado.tribunnews.com/2014/08/31/ular-patola-bumburica-rica-sembuhkan-asma, 28 September 2015. 

[13]Wolajan. Finnike, Rahasia Nikmatnya Ragey Om Wagey Minahasa. http://manado.tribunnews.com/2014/08/16/rahasia-nikmatnyaragey-om-wagey-minahasa, 28 September 2015. 

[14]Wisata Kuliner, Makanan Khas Sulawesi Utara. http://www.seputarsulut.com/makanan-khas-sulawesi-utara/. 11 Februari 2015.


Sumber Jurnal : Aplikasi Sistem Pakar Penentuan Kesehatan Makanan Khas Sulawesi Utara ( Mirror Dokumen Jurnal ke Google Drive )

0 komentar:

Posting Komentar