Kamis, 05 Oktober 2017

Etika Menghubungi Dosen Melalui Telepon Gengam.

Dalam perkuliahan kita memasuki tahap berkomunikasi lebih sopan lagi dalam menuntut ilmu yang lebih tinggi lagi dalam hal ini kita dituntut untuk bersikap menghormati guru atau dosen di setiap perkuliahan kita berbeda dengan cara berkomunikasi dengan teman sekelas, se-fakultas atau se-kampus, dengan adanya etika berkomunikasi dengan seseorang terutama dalam kegiatan formal kita harus bersikap sopan santun apa lagi kita sebagai mahasiswa/i di dalam kegiatan perkuliahan atau dengan dosen pembimbing kita dalam kegiatan akhir tugas atau skripsi.  

Etika menghubungi dosen melalui telepon gengam adalah salah satunya karena seiring perkembangan jaman teknologi kita bisa berkomunikasi jarak jauh dengan dosen dalam pembicaraan singkat.

Etika yang harus diperhatikan di antara meliputi:
Yang pertama adalah waktu, dalam etika ini kita harus memahami waktu yang kita jadwal kan untuk melakukan komunikasi dengan dosen kita dalam menanyakan tentang perkuliahan ataupun tentang skripsi yang sedang dikerjakan untuk memberikan informasi ataupun saran. Setiap dosen juga memiliki kegiatan keseharian dirumah ataupun ditempat lainnya kita juga harus memahami juga dalam keadaan dosen tersebut pilihlah waktu yang sangat pas untuk menghubungi dosen dan juga jangan menghubungi dosen diatas jam 20:00 atau disaat waktu ibadah.

Selanjutnya yang kedua adalah awali setiap kita menghubungi atau mengirim pesan singkat dengan ucapan selamat pagi, siang, sore dan malam atau menggunakan ucapan Assalamualaikum (Apabila kedua belah pihak beragama sesama muslim).

Lalu yang ketiga adalah ucapan meminta maaf, karena kita sebagai mahasiswa tidak tahu apakah kita sedang menggangu dosen kita jikalau saat sibuk ini adalah sikap rendah hati kita untuk menunjukan sopan santun kepada dosen kita, dengan contoh : Mohon maaf mengganggu waktu bapak/ibu.

Keempat adalah gunakan bahasa yang benar baku dan formal dengan tanda baca baik karena anda sedang menghubungi atau mengirimkan pesan kepada dosen anda dengan contoh hindari kata-kata menyingkat pesan seperti dmn, ak, kpn, yg dll, serta dalam menghubungi jauhkan dari kata iye, otw, oke dll. Lalu sempatkan ucapkan Terima kasih dari setiap akhir pembicaraan anda dengan dosen anda sebagai penutup.

Karena dosen kita sering menghadapi banyak mahasiswa/i yang diajarkan bahkan sedang melakukan bimbingan untuk mengejar tugas skripsi anda maka dipastikan mereka tidak mengetahui atau mengenal anda secara cepat sebagai mahasiswa/i nya dengan hal ini utamakan kita melakukan perkenalan di awal dengan menggunakan pesan ataupun menelpon. Maka dari itu kita harus dituntut beretika dalam berkomunikasi dengan dosen kita apalagi dosen pembimbing tugas akhir kita walaupun setiap dosen memiliki sifat yang berbeda tapi tetap utamakan sopan santun anda sebagaimana anda adalah mahasiswa/i yang sudah lebih dewasa dan mengerti arti sopan santun juga menghormati dan berendah hati.


0 komentar:

Posting Komentar